Pendiri: Partai Umat Bakal Didaftarkan Usai Deklarasi, Optimistis Penuhi Syarat

umat

 

Sinarkeprinews.com.JAKARTA,  Partai Ummat akan mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai partai politik usai deklarasi yang akan dilakukan pada Kamis (29/4/2021) di Yogyakarta. Hal tersebut disampaikan salah satu penggagas Partai Ummat, Agung Mozin. Ia mengaku optimistis dapat memenuhi persyaratan administrasi ke Kemenkumham. “Setelah deklarasi kita akan daftar ke Kemenkumham. Kami optimistis bisa memenuhi persyaratan,” kata Agung melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (27/4/2021). Pasalnya, menurut dia, partainya telah mempersiapkan secara maksimal apa yang menjadi persyaratan pendirian suatu partai.

Partai Ummat, kata dia, akan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Undang-Undang (UU) yang berlaku dalam hal ini UU Partai Politik. “Kami optimistis karena akan mempersiapkan secara maksimal apa yang ditentukan oleh Undang-Undang,” ujarnya. Adapun persyaratan administrasi yang akan dipersiapkan oleh Partai Ummat mulai dari kelengkapan kepengurusan di provinsi hingga kecamatan. Berdasarkan ketentuan administratif, syarat yang diatur untuk pendirian suatu partai politik adalah memiliki kepengurusan di 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota seluruh Indonesia dan 75 persen jumlah kecamatan. “Persyaratan administasi untuk kelengkapan pengurus sampai kecamatan akan kita penuhi,” ucapnya. Agung juga memprediksi Kemenkumham akan mengesahkan persyaratan administratif berdirinya Partai Ummat. Bahkan, ia menyebut Kemenkumham tak memiliki alasan untuk tidak menyetujui persyaratan administratif yang akan diajukan Partai Ummat. “Tidak ada alasan mereka untuk tidak menyetujui,” imbuh dia. Sebelumnya diberitakan, Partai Ummat yang digagas oleh Amien Rais akan mendeklarasikan diri sebagai partai politik pada Kamis mendatang. Deklarasi itu rencananya dilakukan di Yogyakarta pukul 13.00 WIB dan dapat disaksikan secara virtual.

Menantu Amien Rais yang Jadi Kandidat Ketua Umum Partai Ummat Menurut kabar yang beredar, menantu Amien Rais yang bernama Ridho Rahmadi menjadi salah satu kandidat ketua umum (Ketum) partai. Hal itu dibenarkan oleh Agung saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (26/4/2021). “Iya, benar Ridho Rahmadi jadi salah satu kandidat. Ada beberapa nama lainnya,” ucapnya. Sejumlah tokoh juga disebutkannya akan bergabung dalam Partai Ummat seperti artis dan penyanyi senior Neno Warisman, mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban, Buni Yani dan lain-lain. (Kompas.com)

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x