Wujudkan Pendidikan bagi Anak-Anak di Lereng Kelud

wujudkan-pendidikan-bagi-anak-anak-di-lereng-kelud_m_221759

JP, Radar Kediri – Peringatan Sumpah Pemuda dilakukan dengan cara berbeda oleh para relawan Fasilitasi Belajar Berbasis Kebutuhan Masyarakat (Fajar Berkemas). Mereka menemani anak-anak di afdeling Damarwulan, Desa/ Kecamatan Puncu yang juga di wilayah perkebungan Ngrangkah Sepawon untuk bermain dan belajar.

Direktur Program Fajar Berkemas, Rino Hayyu Setyo menegaskan, kegiatan ini bertujuan agar hak belajar anak tetap terjamin. Hal tersebut dikarenakan masa pandemic yang belum kunjung usai, maka diperlukan tindakan pengabdian pemuda-pemudi di Kabupaten Kediri untuk menemani anak-anak belajar. “Kami temani mereka mengerjakan tugas sekolah dan bermain dengan media apa saja yang ada di Damarwulan,ya kayak batu, daun, bunga, pohon, itu media yang kami gunakan,” terang Rino.

Menurut Rino ada tujuh anak mulai dari PAUD hingga SMA yang tergabung dalam program tersebut. Mereka sebenarnya bisa mendapat pembelajaran dengan sistem daring. Tapi daerah tersebut sulit sinyal. Jangankan sinyal, kebutuhan dasar seperti listrik baru bisa dinikmati malam hari lewat mesin jenset. Total ada 18 KK di Damarwulan yang bisa menikmati aliran listrik terbatas tersebut.

Mereka juga memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama melaksanakan pengabdian. Kegiatan itu dilaksanakan Relawan Fajar Berkemas selama sebulan.
Mereka juga memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama melaksanakan pengabdian. Kegiatan itu dilaksanakan Relawan Fajar Berkemas selama sebulan.

 

“Makanya kami memutuskan untuk fasilitasi belajar ke lokasi karena memang kondisinya yang sulit untuk dilakukan dengan sistem daring,” imbuhnya.

Kondisi masyarakat yang hidup dalam keterbatasan serta akses jalan yang susah justru membuat para relawan Fajar Berkemas bersemangat melaksanakan kegiatan itu. Satu bulan penuh para relawan yang berasal dari kumpulan mahasiswa berbagai jurusan di Kabupaten Kediri mengabdi di masyarakat. Mereka juga memberikan layanan cek kesehatan untuk semua warga di sana. Rino berharap, kegiatan relawan Fajar Berkemas bisa memberi manfaat kepada warga sekitar. Khususnya bagi anak-anak agar bisa terus mengenyam pendidikan. “Semoga anak-anak tetap bisa bermimpi dan mendapatkan hak pendidikan, serta dapat menjebol langit-langit mimpinya,” pungkas Rino.

 

Sumber : https://www.jawapos.com/

BAGIKAN :

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x