MI Narrative Quran Lamongan Siap Membangun Dunia Pendidikan

mi-narrative-quran-lamongan-siap-membangun-dunia-pendidikan_m_221407

Radar Lamongan – Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran atau sering dikenal MINAN, membuktikan eksistensinya di bidang pendidikan. Madrasah yang berdiri dua tahun lalu ini terus  meningkatkan kualitasnya. Baik kualitas fisik maupun kualitas  sumber daya manusia (SDM)-nya.

Sesuai dengan misinya menciptakan  atmosfer pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, MINAN mengupayakan peningkatan fasilitas pembelajaran bagi siswanya. Salah satunya wujudnya, membangun gedung baru. Rencananya, peletakan batu pertama dilaksanakan 13 November 2020 secara simbolis oleh Habib Sholeh, Pembina Taman Solaya.

Gedung baru itu dibangun di Jalan Kalianyar Kelurahan Sukomulyo Lamongan. Adanya gedung baru diharapkan fasilitas belajar siswa semakin terpenuhi dan kenyamanan meningkat. Peningkatan kualitas tidak hanya melalui bangunan fisik. Kualitas pembelajaran juga sangat diperhatikan.

Proses Pembelajaran di MI Narrative Quran
Proses Pembelajaran di MI Narrative Quran

 

Sesuai dengan visinya merajut generasi Cerdas, terampil dan berakhlak mulia, madrasah ibtidaiyah yang berada di bawah naungan Yayasan Ethical Munawaroh ini terus mengembangkan potensi siswa. Meski madrasah baru berusia dua tahun, siswa dan gurunya sudah berhasil menjuarai berbagai macam lomba tahfidz dan lomba lainnya.

Beberapa program juga diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, serta membentuk generasi berakhlak mulia. Seperti program tahfidz quran. Siswa diajarkan tidak hanya menghafal Alquran. Juga memahami makna dari surat – surat dalam Alquran. Sehingga, mereka dapat mengamalkannya dalam kehidupan.

Dengan program-program ini, diharapkan MINAN dapat menghasilkan lulusan-lulusan penghafal Alquran. Dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mulai dibuka 4 November 2020, MINAN juga menyelenggarakan lomba yang bertajuk Reach Access in Best Offer for Wonderful Kids (Rainbow Kids).

Lomba yang diperuntukkan siswa TK dan RA ini rencananya diselenggarakan 4 November hingga 4 Desember 2020. Mekanismenya secara virtual. Laili Hibatin, ketua Yayasan Ethical Munnawaroh beserta Supervisor lembaga yang dikenal sebagai Quality Control, ustadzah Lilik menuturkan, melalui Rainbow Kids, MINAN ingin mencari dan menggali talenta-talenta berbakat.

Ada lima jenis perlombaan. Pertama, tahfidz juz amma. Peserta diminta mengirimkan video membaca juz amma. Video itu akan dinilai juri-juri profesional. MINAN selama ini dikenal unggul dalam hal tahfidz quran. Banyak siswanya yang menyabet juara juara lomba tahfidz.

Lomba kedua, Competition of English Language (CELOTEH). Peserta bercerita menggunakan bahasa Inggris. Di MINAN, pembelajarannya multibahasa. Selain bahasa Indonesia siswa MINAN juga diajarkan bahasa Jawa, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Selanjutnya, Quran dan makna (Qurma). Yakni, lomba narasi surat-surat Alquran. Peserta diminta bercerita makna-makna yang terkandung dalam surat-surat Alquran.

Tidak hanya itu. Madrasah di Jalan Veteran Lamongan ini juga memahami bahwa dunia anak sangatlah  berwarna. Sehingga, madrasah mengadakan lomba mewarnai. Teknisnya, peserta mewarnai di rumahnya masing-masing. Hasilnya dikumpulkan di MINAN.

Lomba terakhir, sholawat dan nasyid (sowan). Pelaksanaanya juga secara virtual. ‘’Para juaranya nantinya mendapatkan trofi dan fresh money. Selain itu, mereka berhak mendapatkan golden tiket free pass pendaftaran siswa baru MI Narrative Quran,” ujar Lilik.

 

Sumber : https://www.jawapos.com/

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x