Fakta 10 Orang RI yang Terpapar Mutasi Corona Seperti India

menteri-kesehatan-budi-gunadi-sadikin_169

Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 10 orang di Indonesia yang terpapar varian dari mutasi baru virus Covid-19 yang ditemukan di India.   Hal tersebut dikemukakan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/4/2021).

“Soal mutasi virus baru yang menyebabkan kasus di India meningkat, bahwa virus itu juga sudah masuk di Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terkena virus tersebut,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Namun, eks Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak merinci lebih jauh mutasi dengan varian apa yang dimaksud. Budi hanya mengatakan enam dari 10 orang yang terpapar tertular dari luar negeri. “Sementara empat orang adalah lewat transmisi lokal. Yang ini yang kita perlu jaga,” katanya.

Adapun empat orang yang tertular melalui transmisi lokal itu terdiri dari dua orang di Sumatera, satu orang di Jawa Barat, dan satu orang di Kalimantan Selatan. Pemerintah, pun meningkatkan pengawasan di wilayah tersebut.  “Jadi untuk provinsi Sumatera, Jawa, Kalimantan, kita akan jadi lebih sangat hati-hati untuk mengontrol apakah ada mutasi baru tersebut atau tidak,” katanya.

Pemerintah, sambung Budi, pun telah melakukan tindakan penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Selain itu, pemerintah juga telah menolak keberadaan orang asing yang memiliki riwayat ke India.  “Untuk WNI masih boleh masuk. Tapi protokol kesehatan kita perketat sehingga mereka harus stay 14 hari untuk WNI yang 14 hari terakhir pernah mengunjungi India mereka tetap diizinkan masuk. Tapi mereka harus dikarantina 14 hari.” katanya. (cha/cha)

 

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x