Jokowi: Potensi Besar Ekonomi Syariah Belum Optimal Dimanfaatkan

Screen-Shot-2019-05-01-at-17.55.52

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan potensi ekonomi syariah dalam industri halal di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, banyak produk unggulan yang dimiliki seperti makanan, kosmetik, hingga fesyen.

“Sayangnya potensi yang besar dalam industri halal ini juga belum dimanfaatkan dengan baik, belum kita manfaatkan dengan baik,” ujarnya secara virtual, Rabu (28/10).

Jokowi menjelaskan, mimpi Indonesia menjadi pusat model muslim terbesar di dunia dapat terwujud jika dikembangkan secara integratif dan komprehensif. Sehingga, cita-cita Indonesia unggul di bidang ekonomi syariah dapat terealisasi.

“Ekosistem industrinya perlu dibenahi, regulasinya harus efisien, SDM-nya juga harus dipersiapkan dengan baik,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah juga terus mengembangkan industri keuangan syariah, salah satunya mengembangkan bank wakaf mikro di berbagai tempat, bekerja sama dengan pondok-pondok pesantren maupun organisasi-organisasi keagamaan. Harapannya, industri keuangan syariah dapat menjadi instrumen keuangan alternatif untuk memajukan ekonomi rakyat.

“Pengembangan ekonomi syariah yang berbasis sektor riil, padat karya, dan industri halal juga sangat potensial untuk memperluas penyerapan tenaga kerja dan membuka peluang usaha baru,” pungkasnya.

 

Sumber : https://www.jawapos.com/

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x