Dinas Kesehatan Kepri: Waspadai Varian Baru COVID-19 Lebih Ganas Muncul di Kepri

dr bisri

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri  dr Bisri. (Foto: Asikk3)


Sinarkeprinews.com.Tanjungpinang– Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau meminta semua pihak untuk mewaspadai varian baru COVID-19 yang lebih ganas, seperti virus yang menyerang masyarakat di India. Kepala Dinas Kesehatan Kepri Bisri, di Tanjungpinang, Senin (31/05), mengatakan, varian baru COVID-19 dapat terjadi bila jumlah pasien terus bertambah, dan tidak terkendali.

Varian baru itu potensial lahir dari mutasi varian B1525 atau B117. Seorang pasien di Batam belum lama ini tertular B1525, namun sudah sembuh.  Sementara varian B1525 dan B117 sudah masuk Batam dan Tanjungpinang berdasarkan hasil penelitian Kemenkes.  “Kalau tidak terkendali Batam bisa terkenal dengan varian baru yang lebih bahaya. Namun saat ini, masih dapat terkendali. Insya Allah, kita lawan dengan vaksin,” ujarnya.

Bisri mengatakan, awalnya, ia merasa pesimistis dapat menangani pasien COVID-19 bila jumlahnya melebih 2 ribu orang. Namun rasa pesimistis itu berubah ketika jumlah masyarakat yang divaksin semakin banyak.

Saat ini, kata dia jumlah kasus aktif COVID-19 di Kepri sebanyak 2.779 orang. Pemprov Kepri serta pemerintah kabupaten dan kota masih mampu mengendalikannya sehingga kecil kemungkinan lahir varian baru yang lebih ganas.

Vaksinasi juga menghambat penambahan pasien COVID-19. Warga yang sudah divaksin hingga dosis kedua, masih dapat terinfeksi COVID-19, namun kondisinya rata-rata tidak bergejala, dan lebih cepat sembuh. “Vaksin tidak membuat orang kebal terhadap COVID-19, namun imun tubuhnya lebih kuat sehingga tidak bergejala, dan cepat sembuh,” ucapnya. (kominfo kepri)

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x