Taba Iskandar Minta Selesaikan Masalah Ini Sebelum Pengintegrasian BBKT

IMG-20210115-WA0017-1-960x639

 

Sinarkeprinews.com.Batam- Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepri Taba Iskandar meminta pemerintah pusat menyelesaikan beberapa permasalahan sebelum melakukan pengintegrasian Free Trade Zone (FTZ) Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang (BBKT) melalui Peraturan Pemerintah (PP).  Pemerintah pusat jangan memutuskan mata rantai sejarah perjalanan panjang pengembangan Batam agar tidak parsial menyelesaikan masalah Batam.   “Terlebih dahulu menyelesaikan persoalan benturan kepentingan yang selama ini terjadi antara Pemko Batam dan BP Batam,” kata Taba, Sabtu (16/1/2021).

Kemudian, kata Taba, harus terlebih dahulu diatur tentang hubungan kerja antara Pemko Batam dan BP Batam.Menurutnya, konsep atau aturan tentang ex-officio sekarang ini, sejak awal memang tidak dirancang permanen karena diharapkan dengan wali kota Batam sebagai ex-officio Kepala BP Batam masalah hubungan kerja Pemko Batam dan BP Batam bisa dituntaskan.Benturan-benturan kepentingan yang selama ini ada bisa dihilangkan. Wali Kota Batam karena sudah berada di dalam organisasi BP seharusnya dapat membereskan masalah-masalah yang selama ini membuat hubungan kerja kedua institusi ini tidak harmonis.“Akan tetapi faktanya dengan dibahasnya materi RPP KPBPB sekarang ini, yang tidak sedikitpun memasukkan materi tentang kewenangan otonomi daerah, maka ex-officio telah gagal,” katanya.

Ia menambahkan, persoalan berikutnya adalah harus terlebih dahulu diserahkan hak pengelolaan, pertanahan/ lahan pemukiman/ perumahan dan fasos, fasum kepada Pemko Batam. Karena latar belakang pembentukan BP Batam sangat berbeda dengan BP Bintan dan BP Karimun.BP Batam sejak awal tidak didesain permanen. FTZ di Batan menyeluruh, sedangkan BP Bintan, Karimun FTZ enclave.“Artinya bila pemerintah pusat memang serius dan komit terhadap kemajuan perekonomian dan investasi di Provinsi Kepri (BBK). Maka mereka wajib menyelesaikan terlebih dahulu benang kusut hub Pemko Batam dan BP Batam,” ujarnya. (karyakepri.com/iwan)

 

BAGIKAN :

banner sinar1
banner sinar2
sinarkeprinews.com banner bawah
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x