Pengurus Kolektif Kosgoro Kota dan Kabupaten se Kepri Dilantik

penyerahan Pataka Kosgoro 1957 oleh Ketua DPD Kosgoro Prov Kepri Taba Iskandar SH MH MSi kepada perwakilan Kabupaten/Kota

Ketua DPD Kosgoro Kepri Taba Iskandar : Kosgoro Harus Aktif Berperan di Tengah Masyarakat

 

penyerahan Pataka Kosgoro oleh Ketua DPD Kosgoro Provinsi Kepri kepada perwakilan Ketua DPC Kosgoro Kota/Kabupaten

sinarkeprinews.com.Batam-Pengurus Kolektif Kosgoro Kota dan Kabupaten se Provinsi Kepulauan Riau Sabtu (7/11) pagi dilantik.  Pelantikan dilakukan  oleh Ketua Kosgoro Provinsi Kepri Taba Iskandar SH MH MSi bertempat di Hotel Asrama Haji Batam Centre.  Pengurus kolektif Kosgoro yang dilantik dipusatkan di Batam hanya melantik Ketuanya saja ditengah kondisi saat ini yang tidak memungkinkan dilantik di daerah masing-masing. Sekretaris Pengurus Kolektif Kosgoro Kepri Sudirman SH sebagai Ketua panitia sebelum pelantikan membacakan SK masing-masing pengurus kolektif Kogoro Kota/Kabupaten  yang akan dilantik.   Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian Mars Kosgoro 1957 dan tari persembahan.  Selanjutnya seremonial persiapan pelantikan dengan penyerahan Pataka Kosgoro kepada Ketua DPD Kosgoro Kepri Taba Iskandar SH MH MSi untuk diserahkan kepada salah seorang Ketua DPC Kota/Kabupaten.

Sekretaris DPD Kosgoro Kepri Sudirman SH membacakan SK dan nama-nama Ketua Kosgoro Kota dan Kabupaten

Usai acara pelantikan, Ketua DPD Kosgoro Provinsi Kepri Taba Iskandar dalam kesempatan itu memaparkan sejarah berdirinya Kosgoro 10 November 1957. Kosgoro lahir  tak terlepas dari keadaan Negara saat itu yang begitu gencarnya peperangan melawan partai komunis yang mempunyai pengaruh dengan beberapa organisasinya seperti Lekra.

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya  dan Mars Kosgoro 1957

Maka Kosgoro yang merupakan Koperasi serba guna  gotong royong untuk mengimbangi pengaruh komunis itu. Pendiriya sejumlah purnawirawan tepat hari Pahlawan 10 NOvember 1957.  Dijelaskan, berdirinya Kosgoro bersama ormas lainnya SOKSI dan MKGR akhirnya mendirikan Sekber Golkar yang membidani lahirnya Golkar untuk perjuangan tegaknya NKRI.   Kendati Kosgoro merupakan ormas bersama SOKSI dan MKGR dikenal dengan KINO (kelompok induk organisasi), namun tanpa ketiga ormas ini Golkar tidak akan pernah lahir.

Penyerahan SK oleh Ketua DPD Kosgoro Kepri Taba Iskadar kepada salah seorang Ketua DPC

Lebih jauh Taba Iskandar memaparkan, kepengurusan Kosgoro dari pusat sampai pusat dikenal dengan pengurus kolektif. Itu artinya kebijakan atau keputusan diambil atau ditentukan bersama-sama dan tidak mengenal istilah  One man Show. Sebagai organisasi kemasyarakatan, Kosgoro harus aktif mengambil peran di tengah-tengah masyarakat sebagaimana Tridarma Kosgoro, Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas.

Foto bersama usai acara pelantikan

Taba Iskandar yang juga anggota DPRD Kepri itu menekankan, Tri Darma Kosgoro itu harus difahami dan dipedomani terutama dilaksanakan, yaitu pengabdian kepada masyarakat, solidaritas. Sebab tanpa solidaritas, visi dan misi Kosgoro tidak akan pernah tercapai. Kemudian kerakyatan, dimana kader-kader Kosgoro harus merakyat dan mengambil peran  positif di tengah-tengah masyarakat, jelas Taba Iskandar.

Kakesbang Pemvrop Kepri Dr Ir Lamidi menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Kepri

Dalam kesempatan itu, Taba Iskandar menyebut sejumlah nama kader Kosgoro di Kepri yang yang telah berhasil dan dikenal masyarakat banyak.  Seperti Raja Bakhtiar dari Karimun, Kamarudin Ali dari Lingga, Asmin Patros dari Fraksi Golkar DPRD Kepri.  Dalam waktu yang tidak lama lagi antara pertengahan November dan Desember, tiga ormas sebagai KINO Golkar yaitu Kosgoro, Soksi dan MKGR akan berkumpul menyusun program ke depan. Taba juga menyebut, telah berbincang dengan Kakesbang Provinsi Kepri  Dr Ir Lamidi untuk memberikan pembinaan dan pelatihan sebagai salah satu program Kosgoro.  Dijelaskan, sebagai Ormas merupakan bagian dari tugas Kesbang untuk pembinaan ormas.

Ketua DPW Partai Golkar Provinsi Kepri Ahmad Ma’aruf Maulana memberikan sambutan

Kepala Badan Kesbang Pemprov Kepri Dr Ir Lamidi dalam sambutannya mengatakan, dirinya juga merupakan kader Kosgoro dan bahkan pengurus sebagai sekretaris Kosgoro Kabupaten Kepulauan Riau sampai tahun 1992.  Seiring perkembangan era reformasi, maka sebagai ASN (Aparatus Sipil Negara) tidak diperbolehkan lagi. Ir Lamidi yang mantan Sekda Kabupaten Bintan itu, sangat mendukung program Kosgoro dibawa kepemimpinan Taba Iskandar seraya menyebut, Kesbang siap untuk pembinaan ormas-osmas yang ada di Kepri, termasuk Kosgoro.

Ketua DPW Partai Golkar Kepri Ahmad Ma’aruf Maulana saat diberikan sekapur sirih oleh gadis cilik penari tari persembahan

Turut memberikan sambutan Ketua DPW Partai Golkar Provinsi Kepri Ahmad Ma’aruf Maulana, yang intinya mendukung program-program DPD Kosgoro Kepri dibawa kepemimpinan Taba Iskandar. Ahmad Ma’aruf juga menyinggung Kader terbaik Golkar Kepri Ansar Ahmad yang maju sebagai calon Gubernur tentu harus kita dukung yang dijawab yel…yel.. Ansar-Marlin menang.  Ahmad Ma’aruf hanya memberikan sambutan singkat seraya mengaku baru terjun ke politik. Secara berkelakar, Ahmad Ma’aruf menjelaskan kurang pandai bicara politik selain hanya sikat menyikat yang disambut tawa.

M Nasir membacakan do’a

Para Ketua DPC Kosgoro yang dilantik adalah sebagai berikut:  Dida Pria Utama sebagai Ketua DPC Kosgoro Kota Batam. M Yosli Ketua DPC Kosgoro Kabupaten Karimun. Doni sebagai Ketua DPC Kosgoro kota Tanjungpinang. Armanto Ketua DPC Kosgoro Kabupaten Lingga, Wiradjaya  Ketua DPC Kosgoro Natuna, Kurniawan  Ketua DPC Kabupaten Bintan dan Titputri sebagai Ketua DPC Kosgoro Anambas. Acara pelantikan diakhiri do’a  oleh M Nasir dan dilanjutkan foto bersama. (red)

 

 

 

 

 

BAGIKAN :

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x